Kelompok Tani Holtikultura “Muda Tani” Panen Raya Bawang Merah

Administrator 25 Oktober 2018 09:48:52 WIB

SIDA (Ngawis). Rabu, 24/10/2018 Kelompok Tani “ Muda Tani ” yang berada di Padukuhan Ngawis 1 dan 2 kemarin mengadakan kegiatan Panen Raya Bawang Merah yang dihadiri dari Kepala Dinas Pertanian dan Pangan , Jajaran Muspika Kecamatan Karangmojo, BPP Karangmojo dan tentunya Bapak Kepala Desa Ngawis dan perangkat desa.

Kelompok Tani “ Muda Tani” yang bergerak dibidang Pertanian Holtikultura ini berdiri sejak 20 Juli 2013 yang berasal dari gagasan Bpk. Anjar Kurniawan, A. Md sebelum menjabat Kepala Desa beliau pertama kali menanam cabai setelah hasil yang didapat lumayan baik dan menular kepada pemuda di Padukuhan Ngawis 1 dan 2 sampai saat ini jumlah anggota ada 24 orang pemuda dari umur 20 – 35 tahun dan memiliki luas lahan : 56.500 m2. Dan untuk saat ini tidak hanya menanam cabai namun sudah  banyak pengembangan seperti terong, kacang panjang, gambas dan yang terkhir ini bawang merah “ kata Sdr Rohmadi Widyananto selaku ketua kelompok Muda Tani.

Ir. Bambang Wisnu Subroto bangga setelah terjun ke lapangan melihat kondisi yang ada. “ Saya sangat kaget melihat pemuda-pemuda di Ngawis yang masih mau menjadi petani padahal tidak memiliki bakat atau beground seorang petani. Dan hasil panen bawang merah yang sangat baik. Dan mudah-mudahan Muda Tani bisa menjadi pusat pelatihan swadaya yang ada di Gunungkidul.”

Muda Tani  mulai menanam bawang merah pada bulan Agustus dengan jarak tanam 15 x 15 banyak sekali kendala kendala yang dihadapi dari suplai air yang kurang dan penyakit seperi moler dan trorol namun semua itu dapat ditanggulangi dengan optimal fungisida dari masa tanam 75 hari dari pengubinan didapat ad 16, 94 kg/ubin atau 19 ton/ ha. Dan ini hasil yang sangat lumayan didapat dalam masa tanam pertama dan mudah-mudahan ini dapat berkembang di padukuhan lainnya di Desa Ngawis (wid).

“ Yang Muda yang Bertani, Terus Berkarya Menuju Petani yang Maju dan Mandiri “

---Muda Tani---

Komentar atas Kelompok Tani Holtikultura “Muda Tani” Panen Raya Bawang Merah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Ngawis

tampilkan dalam peta lebih besar