Bersih Dusun Padukuhan Ngawis

ROHMAD WIDODO 05 Agustus 2019 09:11:27 WIB

Sida Samekta,  Rabu 31 Juli 2019 Padukuhan Ngawis 1 dan Ngawis 2 mengadakan tradisi Rasulan. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada Rasulan tahun ini seperti pengajian, pentas seni Jhatilan dan pada malam harinya ada pentas wayang kulit semalam suntuk . Masyarakat bertumpah ruah memenuhi balai padukuhan Ngawis I untuk menyaksikan pentas wayang kulit dengan dalang Ki Supomo Degleng dengan lakon “ Petruk Dadi Ratu “.

“ Dalam agenda Rasulan tahun ini bertempat di Padukuhan Ngawis 1 dan tahun depan di Padukuhan Ngawis 2. Dan kami mohon maaf yang sebesar-besanya apabila  panitia dirasa belum maksimal didalam penyajian rangkian kegiatan Rasulan tahun ini. Mudah-mudahan ditahun depan dapat lebih meriah lagi. Sebelum acara pentas wayang kulit panitia juga menyediakan doorprize yang banyak sekali, dan samapi pentas wayang selesai akan diundi doorprize satu ekor kambing “ kata Sujarwadi selaku panitia rasulan.

Agenda Rasulan ini memang sudah rutin dilaksanakan dua padukuhan ini sejak 73 tahun yang lalu, semenjak Alm. R. Wiryo Diguno menjabat menjadi Lurah Desa Ngawis.  Jadi setiap tahunnya dua padukuhan ini selalu bergiliran didalam melaksanakan agenda Rasulan khususnya tempat. Tradisi ini jarang ditemui di Desa Ngawis dikarenakan hanya beberapa padukuhan yang masih mempertahankan adat rasulan.  Dan dua padukuhan bisa kompak melaksanakan kegiatan rasulan bersama. Mudah –mudahan genersai muda saat ini tidak akan melupakan budaya warisan leluhur yang agung ini. Wid

Komentar atas Bersih Dusun Padukuhan Ngawis

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Ngawis

tampilkan dalam peta lebih besar